PENERAPAN METODE EJA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 36 PAGAR ALAM

Authors

  • Eva Solina Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan
  • Imam Subhi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan

Keywords:

Model Kooperatif, STAD, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Kemampuan membaca merupakan modal dasar untuk dapat mengikuti proses pembelajaran di sekolah tingkat dasar dengan efektif dan efisien, namun faktanya masih ada siswa sekolah dasar yang memiliki kemampuan rendah dalam hal membaca. Metode Eja merupakan salah satu metode yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca siswa di SDN 36 Pagar Alam khusunya kelas II. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa melalui metode eja, untuk mendapatkan data yang valid dan tepat maka penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan  hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dalam dua siklus bahwa dengan penerapan metode Eja dapat  meningkatkan kemampuan membaca pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 36 Pagar Alam. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa yaitu pada pra siklus nila-nilai rata-rata 59 dengan ketuntasan belajar 30%, kemudian meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 64,5 ketuntasan belajar 40 %, dan meningkat lagi pada siklus II  nilai rata-rata 75 dengan ketuntasan belajar 90 %. Berdasarkan data tersebut maka disimpulkan bahwa matode eja mampu meningkatkan kemampuan baca siswa kelas II di SDN 36 Pagar Alam.

Downloads

Published

2023-09-30