PENERAPAN METODE EJA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 36 PAGAR ALAM
Keywords:
Model Kooperatif, STAD, Pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Kemampuan membaca merupakan modal dasar untuk dapat mengikuti proses pembelajaran di sekolah tingkat dasar dengan efektif dan efisien, namun faktanya masih ada siswa sekolah dasar yang memiliki kemampuan rendah dalam hal membaca. Metode Eja merupakan salah satu metode yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca siswa di SDN 36 Pagar Alam khusunya kelas II. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa melalui metode eja, untuk mendapatkan data yang valid dan tepat maka penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dalam dua siklus bahwa dengan penerapan metode Eja dapat meningkatkan kemampuan membaca pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 36 Pagar Alam. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa yaitu pada pra siklus nila-nilai rata-rata 59 dengan ketuntasan belajar 30%, kemudian meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 64,5 ketuntasan belajar 40 %, dan meningkat lagi pada siklus II nilai rata-rata 75 dengan ketuntasan belajar 90 %. Berdasarkan data tersebut maka disimpulkan bahwa matode eja mampu meningkatkan kemampuan baca siswa kelas II di SDN 36 Pagar Alam.