PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS KETERAMPILAN SOSIAL UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 027977 BINJAI

Authors

  • Dwi Mirza Yanti SD Negeri 024768 Binjai
  • Purnama Sari SD Negeri SDN 104242 Lubuk Pakam
  • Kemala Yudisthira Siregar SD Negeri SD Negeri 2 Turpuk Sihotang
  • Gihari Eko Prasetyo SD Negeri 014265 Tanah Merah

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v8i2.422

Keywords:

Bahan Ajar, Keterampilan Sosial, Borg and Gall

Abstract

Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan tentu berkaitan dengan proses pembelajaran. Keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran terutama ditentukan oleh proses pembelajaran dengan melakukan berbagai inovasi dan tersedianya sarana dan prasarana. Bahan ajar yang tersedia kurang mendukung terhadap peningkatan keterampilan sosial dan kurang menarik dimana hanya berisi materi bacaan dan soal tersebut membuat siswa kurang berminat dalam belajar IPS. penulis merasa penting untuk melakukan pengembangan bahan ajar IPS berbasis keterampilan social. Penelitian ini dikategorikan kedalam jenis penelitian pengembangan (research and devolepment) dengan menggunakan model pengembangan bahan ajar Borg and Gall. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A dan V-B SD Negeri 020977 Binjai berjumlah 50 siswa, guru kelas V sebanyak 2 orang. Bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria Valid. Bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis dilihat dari hasil angket guru dimana mencapai persentase 92%. Penggunaan Bahan Ajar berbasis Keterampilan SosialĀ  dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2021-09-30