PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS KELAS VIII DI SMP NEGERI 43 MEDAN
Keywords:
Pengaruh, model snowball throwing, motivasi belajar, kemampuan pemecahan masalah matematis siswaAbstract
Penelitian berfokus untuk memahami besaran serta signifikan efek model belajar snowball throwing pada motivasi belajar siswa serta kemampuan memecahkan masalah matematis. Cara analisis data menerapkan uji syarat analisis normalitas serta homogenitas, juga pengujian hipotesis. Dari data hasil penelitian rata-rata nilai pretest angket motivasi belajar ialah 63,6 serta rata-rata nilai posttest sebesar 76,5. Sedangkan untuk rata-rata nilai pretest pada tes pemahaman memecahkan masalah matematis peserta didik diperoleh nilai 63,7 dan rata-rata nilai posttest sebanyak 81,8. Efek penerapan model belajar snowball throwing pada motivasi belajar peserta didik meningkat sebesar 20% dan pada tes pemahaman memecahkan masalah matematis meningkat sebesar 28%. Selain itu hasil hipotesis (uji t) angket motivasi belajar juga tes pemahaman memecahkan masalah matematis siswa memiliki nilai signifikansi (2-tailed) = 0,00 < 0,05, dan ha terterima lalu ho tertolak. Penulis menyimpulkan bahwa terdapat efek yang cukup baik dari penggunaan model belajar snowball throwing kepada motivasi belajar peserta didik dan pemahaman memecahkan masalah matematis kelas VIII di SMP Negeri 43 Medan.