PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS KELAS VIII DI SMP NEGERI 43 MEDAN

Authors

  • Aulia Safna Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Pangeran Antasari
  • Weni Widya Asriati Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Pangeran Antasari

Keywords:

Pengaruh, model snowball throwing, motivasi belajar, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Abstract

Penelitian berfokus untuk memahami besaran serta signifikan efek model belajar snowball throwing pada motivasi belajar siswa serta kemampuan memecahkan masalah matematis. Cara analisis data menerapkan uji syarat analisis normalitas serta  homogenitas, juga pengujian hipotesis. Dari data hasil penelitian rata-rata nilai pretest angket motivasi belajar ialah  63,6 serta rata-rata  nilai posttest sebesar 76,5. Sedangkan untuk  rata-rata nilai  pretest pada tes pemahaman memecahkan masalah matematis peserta didik diperoleh nilai 63,7 dan  rata-rata  nilai posttest sebanyak 81,8. Efek  penerapan model belajar snowball throwing pada motivasi belajar peserta didik meningkat sebesar 20% dan pada tes pemahaman memecahkan masalah matematis meningkat sebesar 28%. Selain itu  hasil hipotesis (uji t) angket motivasi belajar juga tes pemahaman memecahkan masalah matematis siswa memiliki nilai signifikansi (2-tailed) = 0,00 < 0,05, dan ha terterima lalu ho tertolak. Penulis menyimpulkan bahwa terdapat efek yang cukup baik dari penggunaan model belajar snowball throwing kepada motivasi belajar peserta didik dan pemahaman memecahkan masalah matematis kelas VIII di SMP Negeri 43 Medan.

Downloads

Published

2023-09-30