EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENCARI PASANGAN (MAKE A MATCH) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SAMATIGA
Keywords:
Make A Match, Hasil BelajarAbstract
Selama ini guru sering menggunakan metode ceramah yang mana siswa merasa
bosan dan jenuh dalam mengikuti pelajaran sehinnga hasil belajar siswa rendah. Agar hasil belajar
siswa menjadi lebih baik perlu digunakan model pembelajaran kooperatif karena pembelajaran
kooperatif merupakan suatu pembelajaran yang mengutamakan kerjasama antar siswa dalam
kelompok-kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif terdiri
dari beberapa tipe, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Karena
dengan adanya model ini siswa lebih aktif dalam belajar sehingga model make a match ini efektif.
Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam
mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu. Model mencari
pasangan(make a match) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif dimana dalam model ini
siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang
menyenangkan. Siswa disuruh untuk mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban/soal sebelum
batas waktunya, yang dapat mencocokkan kartunya diberi poin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran mencari pasangan (make a match) terhadap hasil
belajar siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Samatiga. Dalam penelitian ini
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran mencari pasangan (make a match) dikatakan
efektif jika hasil belajar siswa sudah mencapai nilai di atas KKM yang telah ditentukan di SMP Negeri
2 Samatiga yaitu 65. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-shot case
study.Waktu penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2016 sampai dengan tanggal 27 Mei
2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Samatiga,
sedangkan sampel diambil satu kelas secara purposive sampling yaitu kelas VIII-A. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan tes dan Lembar Observasi Kemampuan Guru (LOKG). Selanjutnya
data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan data yang diperoleh dan
dianalisis serta dilakukan pengujian hipotesis, diperoleh thitung= 2.37 dan ttabel dengan taraf signifikan α
= 0,05 dan dk = 19 sebesar 1.73, sehingga thitung> ttabel atau 2.37> 1.73 maka H0 ditolak dan H1
diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
make a match pada materi kubus dan balok efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP
Negeri 2 Samatiga