HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS XI LI (LISTRIK INDUSTRI) SMK SARASWATI SALATIGA

Authors

  • Khori Wahyu Progam Studi S1 Bimbingan dan Konseling FKIP - Universitas Kristen Satya Wacana
  • Tritjahjo Danny S Progam Studi S1 Bimbingan dan Konseling FKIP - Universitas Kristen Satya Wacana
  • Setyorini Progam Studi S1 Bimbingan dan Konseling FKIP - Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v10i2.442

Keywords:

Intensitas Layanan Informasi, Kedisiplinan Belajar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Saraswati Salatiga khususnya kelas XI, LI
(Listrik Industri). Pengambilan subjek penelitian dengan menggunakan teknik total
sampling yaitu pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh siswa kelas XI
LI SMK Saraswati Salatiga yang berjumlah 90 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan yang signifikan antara intensitas layanan informasi dengan
kedisiplinan belajar siswa kelas XI LI SMK Saraswati Salatiga. Alat ukur yang
digunakan dalam penelitian ini adalah skala layanan informasi mengacu pada teori
Depdiknas (2007) dan skala kedisiplinan belajar yang disusun oleh Putri Purwandi
(2017) yang mengacu pada teori Tu’u (2004). Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Kendall’s Tau-b dengan menggunakan program SPSS for
windows release 20.0. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan
yang signifikan antara intensitas layanan informasi dengan kedisiplinan belajar siswa
kelas XI LI SMK Saraswati Salatiga dengan hasil (r) sebesar 0,434 dan p = 0,000 (p <
0,05) maka hubungan kedua variabel tersebut positif dan signifikan. Dengandemikian,
hipotesis peneliti “Ada hubungan yang signifikan antara intensitas layanan informasi
dengan kedisiplinan belajar siswa kelas XI LI SMK Saraswati Salatiga.

Downloads

Published

31-07-2019