TINJAUAN MINAT BELAJAR MAHASISWA TEKNIK TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING DALAM PERKULIAHAN KIMIA DASAR

Authors

  • Eliyarti Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Ekasakti Padang, Indonesia
  • Chichi Rahayu Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Ekasakti Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i2.385

Keywords:

Minat belajar, media e-learning, kimia dasar

Abstract

Minat sangat dibutuhkan dalam kegiatan belajar. Minat belajar mendorong mahasiswa untuk semakin termotivasi dalam perkuliahan. Penggunaan teknologi e-learning berbasis web diharapkan akan memperkaya pengalaman belajar sehingga miat belajar mahasiswa semakin baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar mahasiswa teknik terhadap penggunaan media e-learning dalam perkuliahan kimia dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa tingkat I Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti dalam perkuliahan Kimia Dasar semester ganjil 2019/2020 berjumlah 80 orang yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik nontes berupa lembar pengamatan. Lembar pengamatan memuat empat indikator minat belajar mahasiswa. Setiap indikator memiliki rentang skor satu sampai lima. Penilaian dilakukan dengan memberi skor pada setiap indikator. Berdasarkan hasil analisis data secara keseluruhan rata-rata persentase indikator minat mahasiswa pada keempat pertemuan dengan uraian sebagai berikut; perasaan senang sebanyak 70,43%, keterlibatan 71%, ketertarikan 72% dan perhatian 73%. Rata-rata persentase keempat indikator ini berada pada range 60  ≤ N  ≤ 75 dengan kategori cukup. Hal ini menunjukan minat belajar mahasiswa semakin baik dalam perkuliahan menggunakan media e-learning.

Downloads

Published

31-07-2021