PERAN GURU DALAM PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMA NEGERI 2 TUALANG KABUPATEN SIAK

Authors

  • M. Yuda Wahidin Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Bung Hatta Padang Indonesia
  • Sumarni Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Bung Hatta Padang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.123

Keywords:

Efektivitas, Pembelajaran Jarak Jauh, Peran Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran jarak jauh di SMA Negeri 2 Tualang Kabupaten Siak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan instrumen quesioner, dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian ini berjumlah 16 guru perwakilan bidang studi di SMA Negeri 2 Tualang. Hasil penelitian ditemukan bahwa guru menjadi penyalur aspirasi siswa jika terdapat kendala. Selalu memberikan motivasi sebelum memulai pembelajaran, memproses siswa yang bermasalah secara baik dan benar. Guru memberikan materi pembelajaran yang mudah dipahami dan memberikan latihan yang mudah untuk di kerjakan siswa. Guru selalu menggunakan media/aplikasi yang bisa di akses seluruh siswa, menerima tugas yang telah di kirim siswa walaupun tidak disiplin waktu, mencari sumber belajar yang cocok dengan pembelajaran jarak jauh, dan mempersiapkan rancang pembelajaran sesuai dengan aturan yang berlaku. Faktor pendukung efektifitas pembelajaran jarak jauh adalah tersedianya alat komunikasi fasilitas yang disedikana orang tua siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru telah melaksankan peran dengan baik. Tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif.

Downloads

Published

11-07-2022